Kamis, 11 Oktober 2012

Review Buku: Coming Home~

Judul Buku: Coming Home
Penulis: Sefryana Khairil
Penerbit: Gagas Media

Tahun: 2011 
Jumlah Halaman : 314 Halaman
Harga : Rp. 39.000
ISBN : 9789797804640

Sebuah novel bertema tentang cinta dan kehidupan pernikahan. Bercerita tentang Rayhan dan Amira, pasangan suami istri muda yang bercerai karena perselingkuhan yang dilakukan Rayhan dengan rekan sekantornya, Elsa. Baru beberapa tahun menikah, dengan meninggalkan anaknya, Kirana, yang masih kecil, Elsa meninggal dunia  dan menjadi salah satu alasan Rayhan kembali ke kampung halamannya, Jogjakarta. Di kota gudeg ini lah  takdir mempertemukannya kembali dengan Amira, mantan istrinya.

Sebenarnya tiap chapter dalam novel ini melulu bercerita tentang perasaan Rayhan dan Amira. Amira dengan perasaan dendam, sakit hati, trauma dan apapun sebutan untuk rasa ga enak yang ditimbulin akibat pengkhianatan suami dan Rayhan dengan perasaan bersalah yang teramat dalamnya kepada Amira, sehingga ceritanya berasa "monokrom". Bahkan menurutku niy, kalo cerita di novel ini difilmkan, sepertinya sang penulis cerita harus pinter-pinter buat skenarionya supaya ceritanya ga terkesan monoton karena kalo ga, hanya "gambarnya" Rayhan dan Amira sajalah yang bakalan muncul hampir di setiap scenenya :p Tapi, walopun begitu, aku tetep suka dengan novelnya. Mungkin karena tema novelnya, quote2 yang ada di setiap awal chapternya, atau karena akhir kisahnya yang bahagia.

Dari novel ini aku belajar lagi kalo komunikasi yang baik itu penting banget loh dalam suatu hubungan, termasuk hubungan pernikahan, seperti yang dialami tokoh di novel ini yaitu Rayhan dan Amira yang merupakan pasangan beda profesi. Perbedaan profesi ngebuat mereka berada dalam lingkungan kerja yang berbeda. Beda lingkungan kerja, beda pula lingkungan pertemanan dan akhirnya kalo ga ada komunikasi yang baik dengan pasangannya, pasangan akan merasa lebih nyaman dengan teman yang seprofesi atau yang berada dalam lingkungan pertemanan yang sama. Merasa nyaman dengan lawan jenis yang bukan pasangan kita, itulah cikal bakal dari perselingkuhan Rayhan dalam novel ini, menurutku. Hmm... meski begitu, komunikasi yang baik, hukumnya bukan hanya wajib bagi pasangan yang beda profesi doang loh yaa, tapi bagi semua pasangan.... atas nama cintaaaa....  *Uhuuuy* :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar