Jumat, 05 Oktober 2012

Usus Buntu, BAB Ditahan, Abis Makan Langsung Jalan - Suatu Korelasi

Awal Oktober ini, my 15th-years-old cousin got his appendisitis's surgery. Although, namanya cuma radang usus buntu, surgery ya tetep aja surgery. Bikin deg-deq'an, takut surgery nya ga lancar, takut anestesinya ada masalah, dan pikiran-pikiran ga enak lainnya.

Jenguk ke rumah sakit, ngobrol-ngobrol dengan si tante (my cousin's mom), tanya awal kenapa si ade ku ini kena usus buntu, dapet jawaban: si kk paiz (my cousin's name) suka kalo mau pup, ditahan. Ga suka pup selaen di wc rumah so kalo lagi di luar rumah, kebiasaan nahan pup melulu dari kecil. Dan aku pun mengangguk seolah mengerti, walopun sebenernya bingung (bertanya-tanya: emang nyambung kah antara nahan pup dengan usus buntu?) dan panik (soalnya daku juga sering nahan pup dan punya kebiasaan yang 11-12 dengan si ade ku ituhhh! :'( Hohooo....)

Dateng tamu ngejengukin dan nanyain hal yang sama dengan yang kutanya sebelumnya, jawaban si tante: si kk paiz nih suka langsung jalan-jalan kalo abis makan, makanya makanannya masuk ke usus buntu. Hasil mendengar: kebingunganku bertambah!

Usus buntu, BAB ditahan dengan abis makan langsung jalan, ada korelasinya kah? Disamping waktu kecil aku juga sering denger wejangan: Jangan makan bij jambu batu dan sambel burung (baca: sambel yang biji cabe nya belom hancur), nanti kena usus buntu loh!

Sebenernya apa siy penyakit usus buntu (appendisitis), penyebabnya dan apakah ada korelasi dengan yang kusebut di atas?

Nanti bakal kucari tau dulu, then i'll share for u all, here.. :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar