Minggu, 22 Agustus 2010

Rambut Berubah Menjadi KRIBOOO!!

(Sumber: MK/NYTS/C.Claiborne Ray, Majalah Media Kawasan, Juni 2010)

Putera saya, yang berambut lurus pada saat lahir, mempunyai rambut yang sangat keriting ketika ia memasuki usia remaja. Mengapa bisa begitu????

Kereeennn!! Banyak orang yang ingin memiliki rambut keriting. Sebenarnya, lurus atau keritingnya rambut telah lama dikaitkan dengan folikel rambut, dan ada bukti anekdotal bahwa perubahan hormon pada tahap-tahap perkembangan, seperti pubertas, kehamilan dan menopause dapat mempengaruhi mereka.

Ketika seseorang sedang menjalani kemoterapi, untuk membunuh sel-sel kanker, program terapi tersebut juga dapat mempengaruhi sel-sel yang bertumbuh dengan cepat, seperti sel-sel pada folikel rambut, sehingga rambut mengalami perubahan tekstur dan menjadi keriting ketika mereka tumbuh kembali. Selain itu, penyakit genetik dan metabolik juga dapat mempengaruhi tekstur rambut.

Tidak banyak peneliti yang mendalami dan mencari tahu penyebab perubahan tekstur rambut ini, tapi bukan berarti tidak ada. Sebuah kajian pada rambut lurus dan keriting pada tahun 2007, yang dilakukan oleh bagian riset dari konglomerat kosmetik L'Oreal, yang makalahnya kemudian diterbitkan di The International Journal of Dermatology, menemukan perbedaan struktur dalam penyebaran protein yang disebut keratin di dalam batang rambut, membuat mereka berpengaruh pada bentuk folikel rambut, pada bagian umbi sebelum batang rambut muncul.

Pada rambut keriting, kata kajian tersebut di atas, lebih banyak keratin yang menumpuk pada sisi cekung dari lengkungan, sementara pada rambut lurus, sel-sel keratin tersebar merata. Jadi, tampaknya substansi rambut mempertahankan memori umbi yang berbentuk kait atau lurus.

Para periset L'Oreal juga membiakkan umbi rambut di tabung percobaan, untuk mengamati pertumbuhan rambut, dan mereka berteori bahwa suatu saat kelak, terapi hormon dapat dilakukan untuk mengubah tekstur rambut. Saat itu tiba, akan ada banyak orang keren, yang berambut lurus menjadi kribo dan yang keriting menjadi berambut lurus, cukup dengan menelan tablet hormon.

Catatan Saya:
Waah... seandainya para periset tersebut berhasil menemukan terapi/tablet hormon untuk ngerubah2 jenis rambut... alamaak tren rebonding, smoothing, keriting-an yang sama2 bikin kepala "ngebul" alias beruap2 karena alat2 yang panaas'e kayak setrikaan, bakal almarhum niy :p (-idp-)

1 komentar:

  1. wah, saya banet tuh. Rambut saya bener2 lurus dari lahir, tapi sekarang, menginjak usia 20, tiba-tiba banyak rambut saya yang tiba-tiba tumbuh keriting. Waduuuh, mudah2an rambut saa cepet membaik dan kembali lurus seperti sedia kala. Soalnya males banget musti smoothing atau rebonding yang katanya bikin rambut rusak...

    BalasHapus